Dipublish pada 2025-07-01 09:15:07, ditulis oleh Dela Novia Pasa
Pondok bukan sekadar tempat tinggal, la bukan pula sekadar institusi pendidikan. Pondok adalah rumah cita-cita. la hidup dari ruh para pendirinya, la berdiri karena harapan-harapan besar yang diperjuangkan dengan air mata, keringat, dan doa.
Konsep kita sebagai Mualim yaitu :
ُكلية الـمعلمين و الـمعلمات اإلسالمية\تربية الـمعلمين
والـمعلمات اإلسالمية
Tugas Mualim yaitu terdapat pada salah satu ayat Al-Qur'an
كَمَآ اَرْسَلْنَا فِيْكُمْ رَسُوْلًا مِّنْكُمْ يَتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِنَا وَيُزَكِّيْكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَّا لَمْ تَكُوْنُوْا تَعْلَمُوْنَۗ
Artinya :
"Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat kepadamu), Kami pun mengutus kepadamu seorang Rasul (Nabi Muhammad) dari (kalangan) kamu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Kami, menyucikan kamu, dan mengajarkan kepadamu Kitab (Al-Qur’an) dan hikmah (sunah), serta mengajarkan apa yang belum kamu ketahui "( Al-Baqarah 151)
-Yatlu : membacakan
-Yuzaki: membersihkan jiwa
-Yu'allim : mengajarkan
▫️Konsep Mu'allim di pesantren
Mu’allim di Pesantren adalah para pengasuh .Setiap Mu’allim punya tanggung jawab akan perkembangan
muta’alim: jasad, intelektual, good karakternya; kemandiriannya,sosialnya, spiritualnya.
Kaitan antara pelajaran dengan yang lain harus penekanan
kepada good karakter (pembentukan karakter building).
Dalam Sosiologi Pendidikan, 4 indikator keberhasilan Lembaga
Pendidikan: punya karakter building, diterima di PT bonafide,
diterima di Lapangkerja, diterima di masyarakat.
▫️ Karakter building di pesantren yang harus dimiliki oleh seorang Mu'allim di pesantren
1.Uswatun Hasanah
2.Pembiasaan
3.Pengajaran
4.Pengarahan
5.Pembentukan miliu/ conditioning/
penciptaan lingkungan
6.Penugasan
7.Pendampingan
▫️ Karakter pengasuh
1.Disiplin
2.Kuat Ruhiyah
3.Jujur
4.Tanggung Jawab
5.Peka
6.Berperan menjadi orang tua
7.Bijak mengelola Emosi