Dipublish pada 2025-07-01 08:33:01, ditulis oleh Muthia Nurul Annisa
1. Mu'allim adalah pengasuh.
2. Tugas Mu'allim Adalah
يتلوا ، يزكى، يعلم
Dalam firman Allah Surat Al-Baqarah ayat 151 adalah:
كَمَآ اَرْسَلْنَا فِيْكُمْ رَسُوْلًا مِّنْكُمْ يَتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِنَا وَيُزَكِّيْكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَّا لَمْ تَكُوْنُوْا تَعْلَمُوْنَۙ
3. Goal Mu'allim: Khosyatulloh (Takut Kepada Allah)
Dalam firman Allah Surat Al- Fathir Ayat 28 :
وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَاۤبِّ وَالْاَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ كَذٰلِكَۗ اِنَّمَا يَخْشَى اللّٰهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمٰۤؤُاۗ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ غَفُوْرٌ
4. Konsep Mu'allim di pesantren yaitu:
- Tanggung jawab
- Jasad
- Intelektual
- Good Karakter
- Kemandirian
- Sosial
- Spiritual
5. Metode Karakter Building Di pesantren :
- Uswatun Hasanah
- Pembiasaan
- Pengajaran
- Pengarahan
- Pembentukan Miliu
- Penugasan
- Pendampingan
6. Karakter Pengasuh yaitu :
- Disiplin
Seorang Mu'allim harus disiplin waktu, Disiplin dalam keseharian, Disi lin Mengajar dan bisa juga adil dalam membagi waktu untuk mengajar dan belajar. Membangun kesadaran dalam diri untuk berdisiplin.
- Kuat Ruhiyyah
Kunci Sukses kepengasuhan adalah kuat Ruhiyyah. Ruhiyyah bisa dimulai melalui kualitas kita dalam sholat berjamaah. Dan pendekatan terhadap anak tidak dengan lahiriyah saja tetapi dengan Ruhiyyah juga.
- Jujur
Setiap daripada kita harus senantiasa jujur dalam melaksanakan amanah.
- Tanggung jawab
Seorang Mu'allim harus bertanggung jawab atas amanah yang diberikan. Dan seorang Mu'allim bertanggung jawab atas pendidikan muta'allim.
- Peka
Seorang Mu'allim harus peka terhadap sekitar.
Harus senantiasa mempunyai sifat empati terhadap orang yang membutuhkan pertolongan.
- Berperan Menjadi Orang tua
Seorang Mu'allim harus bisa berperan menjadi orang tua bagi pendidik atau muta'allim. Menjadi tempat berkeluh kesah, memotivasi dan memberikan arahan terhadap muta'allim.
- Bijak Mengelola Emosi
Seorang Mu'allim harus bisa mengkondisikan amarahnya. Tidak boleh berlebihan.